iklan muslimah house foto pemandangan sunset landcape model aceh economi aceh

25 Mei 2008

IDB Akan Terbitkan Sukuk Rupiah

Bank Pembangunan Islam (IDB) menjanjikan penerbitan obligasi syariah (sukuk) dalam denominasi rupiah untuk membiayai proyek-proyek di Indonesia, menyusul telah diterbitkannya Undang-Undang (UU) Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

"Beberapa waktu lalu kita sudah bertemu dengan Presiden IDB. Dia mengaku tengah menunggu UU Sukuk. Dia bilang kalau UU Sukuk sudah ada, mereka akan menerbitkan obligasi sukuk dalam mata uang rupiah," kata Direktur Pendanaan Luar Negeri Multilateral Kementerian Negara PPN/Bappenas, Dewo Broto Joko Putranto di Jakarta, Rabu (14/5) sebagaimana dikutip dari Antara.


Selama ini, katanya, IDB telah melakukan mekanisme serupa di banyak negara anggota Organisasi Konferensi Islam (OKI). "Seperti di Malaysia, mereka sudah menerbitkan dalam denominasi ringgit Malaysia," katanya.

Sedangkan untuk investor yang berminat, katanya, bisa saja merupakan investor domestik atau internasional. "Bisa saja orang Timur Tengah karena kan mereka saat ini sedang kelebihan likuiditas," ujar Dewo Broto.

Ditanya tentang kemungkinan memperoleh pinjaman program dari IDB, Dewo menjelaskan, hal itu akan sulit dipenuhi mengingat IDB tengah memiliki masalah kecukupan modal (solvency capital).

Pemerintah Indonesia berencana menerbitkan SBSN atau sukuk pada 2008 senilai Rp15 triliun.

Selain dari Bank Dunia, Bank Pembangunan Asia (ADB), dan Japan Bank for International Cooperation (JBIC), berdasarkan data Bappenas, Indonesia juga menerima pinjaman proyek dari kreditur multilateral lainnya, termasuk IDB dengan nilai outstanding pinjaman mencapai 411,16 juta dollar AS untuk 17 proyek hingga 31 Desember 2007.

Suber: Kompas.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar


cewek bulek nyanyi lagu SEULANGA - RAFLI Aceh
Web Hosting