iklan muslimah house foto pemandangan sunset landcape model aceh economi aceh

08 September 2009

Manfaat Sayuran

Sayuran hijau, seperti bayam, daun singkong, dan juga brokoli mengandung zat gizi penting yang dibutuhkan tubuh. Zat gizi terbanyak dalam sayuran hijau adalah air (81,0-96,1%). Zat gizi penghasil energi kadarnya rendah yaitu karbohidrat (2,9-6,5%), protein (0,6-3,0%), dan lemak (0,1-0,5%). Sayuran hijau tidak memberikan jumlah energi/kalori tinggi, hanya 12-36 kalori/100 g. Akan tetapi, sayuran hijau menyediakan serat (fiber) dalam jumlah besar.


Sayuran hijau sangat penting karena mengandung vitamin dan mineral. Sayuran hijau juga mengandung antioksidan, karotenoid, misalnya all-trans-neosantin, 9-cis-neosantin, violasantin, neokrom, lutein epoksida, all-trans-lutein, neolutein-B, neolutein-A, dan cis-�-karoten.

Sayuran hijau selain bermanfaat untuk kesehatan, sayuran juga dapat menyebabkan efek samping. Namun, efek samping sayuran hijau tidak terjadi pada setiap orang dan untuk setiap sayuran.

Sayuran hijau, seperti bayam, daun singkong dan brokoli mengandung karbohidrat tidak dicerna (undigestible carbohydrate) dan tidak diserap (unabsorbed carbohydrate), misalnya raffinose, resistant starches. Manusia tidak punya enzim alfa-galaktosidase sehingga raffinose, resistant starches tidak dicerna dan tidak diserap usus halus. Raffinose, resistant starches langsung masuk ke usus besar mengalami fermentasi oleh bakteri.

Anda, kalau habis makan sayuran hijau seperti bayam, daun singkong, dan brokoli, perut rasanya tidak enak seperti mual serta perut terasa penuh bisa disebabkan adanya gas karbondioksida, metane hasil fermentasi raffinose, resistant starches.

Pencegahan efek samping sayuran hijau adalah sayuran direbus atau dimasak agak lama, tetapi tidak terlalu lama. Sayuran hijau yang telah direbus kemudian dipotong atau dicincang kecil-kecil sebelum dimakan.

Anda harus makan sayuran hijau yang telah dicincang kecil-kecil secara pelan-pelan dalam suasana lingkungan tenang. Sayuran hijau dikunyah sesering mungkin, sekurang-kurangnya 20 kali kunyahan sebelum sayuran ditelan.

Anda mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam, daun singkong dan juga brokoli, porsi kecil, kemudian setelah beberapa minggu ditingkatkan porsinya secara bertahap. Anda boleh tetap makan dan dianjurkan terus mengonsumsi sayuran hijau, seperti bayam, daun singkong, dan brokoli.

Dadang Arief Primana
Dokter Spesialis Gizi Klinik dan Kedokteran Olahraga

Sumber : Bisnis Indonesia Online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


cewek bulek nyanyi lagu SEULANGA - RAFLI Aceh
Web Hosting